2 Cara Ampuh Mencegah Mabuk Perjalanan

2 Cara Ampuh Mencegah Mabuk Perjalanan

Friday, 07 Dec 2018 09:43:45

mabuk-perjalanan

Terlepas dari keberadaan fasilitas penunjang kenyamanan pada setiap armada wisata, masalah mabuk perjalanan tetap saja bisa menghantui para peserta perjalanan. Apalagi bagi mereka yang memang kondisi tubuhnya gampang terserang kendala ini. Gejala dari mabuk perjalanan ditandai oleh perasaan pusing, mual, hingga keringat dingin. Masalah ini sendiri umumnya terjadi karena antara persepsi di otak kita dengan apa yang ditangkap indera penglihatan tidak sesuai.

Maksudnya begini saat anda duduk di dalam bus pariwisata (khususnya di bagian tengah) maka yang anda lihat di hadapan anda adalah sebuah kursi yang tidak bergerak. Sedangkan tubuh anda merasakan pergerakan dari bus. Sensasi aneh ini paling jelas bisa kita rasakan saat bus yang kita tumpangi sedang bebelok dan melaju dengan kecepatan tertentu. Kondisi tersebut bisa mengganggu telinga bagian dalam. Dari situlah seseorang bisa terkena mabuk perjalanan.

Untuk terhindar dari masalah tersebut sehingga perjalanan anda tetap lanjar silahkan anda coba tips mencegah mabuk kendaraan dari kami berikut ini.


Tips Untuk Mencegah Mabuk Perjalanan

1. Memanfaatkan Cara Medis

Jika sebelumnya setiap menempuh perjalanan menggunakan kendaraan tertentu anda selalu mabuk kendaraan maka tidak ada salahnya untuk menanggulanginya menggunakan cara – cara medis.

  • Berkonsultasi dengan dokter.

Melalui konsultasi bersama seorang dokter anda bisa tahu secara pasti apa yang membuat anda mudah terkena mabuk perjalanan. Bisa jadi memang ada faktor – faktor kesehatan tubuh anda yang melatarbelakangi masalah tersebut. Jika memang demikian maka sebaiknya ikuti saran dokter terkait penanganan yang diperlukan.

  • Mengkonsumsi obat.

Di berbagai toko di wilayah tinggal kita masing – masing bisa dengan mudah kita temukan obat anti mabuk perjalanan. Kita boleh coba untuk mengkonsumsinya asal pada label obat tersebut tidak tertera tulisan, “harus dengan resep dokter”. Namun bila sebelumnya anda sudah berkonsultasi dengan dokter dan diberi obat maka konsumsilah obat tersebut sesuai resep yang ditentukan sang dokter.


2. Merubah Kebiasaan Saat Duduk Dalam Mobil

  • Jangan terlalu sering memainkan smartphone.

Telah disinggung sebelumnya bahwa masalah mabuk kendaraan muncul akibat otak tidak mempersepsikan kondisi yang sama dengan yang dilihat mata yakni tubuh merasa bergerak sedangkan mata melihat benda di depannya diam. Dengan begitu jika anda terlalu sering menatap ke layar gadget anda selama perjalanan bisa – bisa anda merasa pusing. Apalagi jika perjalanan dilakukan malam hari dan konsisi interior mobil gelap, maka resiko mabuk perjalanan semakin tinggi.

  • Pindah ke kursi depan.

Saat anda pergi bersama rombongan teman ke suatu tempat menggunakan bus pariwisata dan ternyata anda mendapat jatah kursi di bagian tengah atau belakang maka sebaiknya mintalah teman anda yang duduk di kursi depan untuk bertukar tempat. Pasalnya dengan duduk di kursi bagian depan anda bisa melihat jalanan dan mata anda melihat kemana arah laju bus.

  • Alihkan fokus anda ke hal lain.

Semakin anda merasakan pergerakan kendaraan yang anda tumpangi maka semakin mudah juga anda terserang mabuk perjalanan. Oleh sebab itu akan lebih baik jika anda mengalihkan fokus anda ke hal – hal yang lebih menyenangkan. Hal paling mudah untuk anda coba adalah mendengarkan musik. Manfaatkan aksesoris earphone yang anda dapatkan sepaket dengan smartphone anda untuk menikmati lagu – lagu kesukaan. Nikmatilah lagu tersebut dan biarkan diri anda hanyut ke dalam alunan musiknya.

  • Tidur bisa jadi alternatif terbaik.

Bus pariwisata kini selalu dilengkapi dengan tempat duduk bertipe reclining seat. Kelebihan dari tipe tempat duduk tersebut adalah bagian sandarannya dapat anda atur sesuai kenyamanan anda sendiri. Jadi jika segala cara untuk mencegah mabuk perjalanan sudah anda coba namun tidak berhasil, anda bisa tidur dengan nyaman. Atur saja kemiringan sandaran sedemikian rupa agar anda bisa agak merebahkan tubuh. Tidak perlu khawatir mengganggu penumpang dibelakang anda karena penataan seat telah diatur dengan baik oleh pihak produsen.

Itulah beberapa tips untuk mencegah mabuk perjalanan. Dari poin – poin yang kami cantumkan di atas semuanya tergolong sederhana untuk dilakukan. Jadi bagi anda yang sering mengalami masalah tersebut silahkan coba terapkan tips – tips itu. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan layanan sewa bus pariwisata kami. Dengan aramada berkelas milik Mustika Holiday anda bisa mendapat kenyamanan lebih dan dapat meminimalisir resiko mabuk perjalanan.

 

 

ARTIKEL TERBARU

Persiapan Liburan Akhir Semester, Yuk Pilih Moda Transportasi dari Sekarang! - Thursday, 18 Apr 2019 07:45:10
Memasuki pertengahan tahun, itu artinya bahwa liburan akhir semester segera datang. Banyak masyarakat, baik dari kalangan pelajar maupun pekerja kantoran yang memilih untuk menghabiskan liburan akh...
Liburan Makin Seru dengan Sewa Bus Pariwisata Jakarta Malang Berfasilitas Lengkap - Tuesday, 26 Mar 2019 01:28:37
Mau liburan ke Malang tapi bingung soal kendaraan? Tentunya kendaraan merupakan moda yang tidak boleh luput jadi perhatian ketika Anda pergi berlibur. Pasalnya, perjalanan yang nyaman tentu bisa ja...
Fasilitas Unggulan Bus Pariwisata Premium Yang Buat Liburan Makin Asik - Wednesday, 13 Mar 2019 03:38:24
Bus pariwisata memiliki banyak peminat. Apalagi untuk orang-orang yang sering mengunjungi berbagai destinasi wisata di nusantara dengan rombongan. Rasanya berwisata beramai-ramai lebih menyenangk...
Pertimbangkan Medium Bus Pariwisata Untuk Perjalanan Anda - Wednesday, 06 Mar 2019 06:56:05
Medium bus pariwisata adalah bus yang sering digunakan untuk perjalanan rombongan liburan keluarga atau acara dinas kantor dengan kapasitas minimalis. Tidak banyak hal yang berbeda dengan bus besar...
Berwisata Dengan si Kabin Tinggi Bus Pariwisata SHD - Wednesday, 27 Feb 2019 06:35:49
Anda tentu masih ingat dengan fenomena “Om Telolet Om” yang pernah viral di masyarakat Indonesia. Fenomena ini adalah kreasi dari suara klakson yang dibuat oleh bus-bus khususnya di jalanan Pan...