Jangan Sembarangan! Berwisata Juga Ada Etikanya

Jangan Sembarangan! Berwisata Juga Ada Etikanya

Wednesday, 12 Dec 2018 05:59:31

jangan-sembarangan-berwisata-juga-ada-etikanya

Pergi berlibur dengan mengunjungi satu atau beberapa tempat wisata menggunakan layanan sewa bus pariwisata dari Mustika Holiday pastinya akan menjadi pengalaman paling berkesan dalam hidup anda. Beragam fasilitas serta fitur – fitur penunjang kenyamanan di armada kami akan senantiasa memanjakan anda selama di perjalanan. Saat anda duduk di dalamnya kami yakin anda akan terbuai dengan suasana nyaman dan tidak terfokus oleh segala kondisi membosankan di jalan.

Pada artikel ini yang ingin kami bahas adalah suatu hal yang sangat penting untuk selalu anda ingat ketika berlibur ke suatu destinasi. Itu adalah soal etika berwisata. Datang sebagai pengunjung tentu saja kita tidak bisa bertingkah seenaknya sendiri. Tetap ada etika atau tata krama yang wajib kita junjung tinggi. Lantas, apa sajakah poin – poin dalam etika berwisata? Simak penjelasannya di bawah ini.


Etika Berwisata Yang Wajib Dijunjung Tinggi

Sebagai penyedia layanan sewa bus pariwisata yang telah melayani banyak pelanggan, sudah bermacam – macam tempat wisata kami singgahi. Dari pengalaman kami tersebut kurang lebih etika berwisata yang bisa kami rangkum adalah sebagai berikut:

1. Menjaga sikap saat bercengkrama dengan penduduk lokal

Suatu objek wisata tentu berada di suatu daerah dan suatu daerah tentunya punya penduduk lokal yang tinggal disana. Oleh karena itu sangat mungkin bagi kita untuk berinteraksi dengan mereka. Nah, salah satu dari etika berwisata adalah bersikap baik kepada penduduk lokal yang kita jumpa. Jangan lupa untuk selalu ramah, murah senyum, dan sopan. Lagi pula jika kita tidak bertingkah menyebalkan boleh jadi mereka mau menemani kita berkeliling supaya kita bisa mengetahui tempat – tempat terbaik di lokasi wisata tersebut.

2. Hargai dan hormati budaya yang ada.

Budaya merupakan hal yangsangat unik. Hal itu menjadi unik karena tiap daerah punya budaya masing – masing yang berbeda. Khususnya di negara kita ini, Indonesia sangat terkenal akan pesona budayanya yang sangat melimpah. Sebagai wisatawan yang berasal dari daerah lain di luar dari wilayah tempat wisata yang kita kunjungi kita akan berjumpa dengan budaya berbeda yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya. Namun jangan merasa aneh dengan perbedaan tersebut, apalagi sampai mencelanya. Ingat slogan negara kita adalah Bhineka Tunggal Ika, walau berbeda – beda tapi tetap satu jua. Jadi pastikan kita menghargai dan menghormati budaya lokal.

3. Jangan lupa jaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan wisata yang kita nikmati bisa berdampak buruk terhadap lingkungan sekitar objek rekreasi jika limbah sisa – sisa kegiatan tersebut kita biarkan berserakan. Apalagi jika tempat wisata itu termasuk dalam kategori wisata alam dimana banyak area – area yang sulit dipulihkan kembali keasriannya. Contoh ketika kita pergi piknik ke pantai kemudian dengan seenaknya meninggalkan sampah bungkus – bungkus cemilan disana. Bisa kita bayangkan saat sampah itu tersapu ombak maka akan terbawa ke lautan. Alhasil tercemarlah lingkungan laut tersebut. Mari bersama – sama kita jaga lingkungan, baik itu sekitar tempat wisata maupun sekeliling tempat tinggal kita. Lagi pula dengan menjaga kebersihan kualiatas hidup kita pun turut terjaga.

4. Gunakan fasilitas seperlunya saja.

Pihak pengelola tempat wisata telah menyediakan sejumlah fasilitas penunjang agar setiap keperluan pengunjung terpenuhi. Misalnya keberadaan toilet umum. Fasilitas ini disiapkan karena ada kalanya orang – orang yang datang berkunjung kebelet buang air. Untuk ketersediaan air pada toilet sebaiknya kita lebih bijak dalam memanfaatkannya. Bisa jadi tempat wisata dimana kita menghabiskan liburan hanya punya stok air terbatas sehingga penting bagi kita untuk saling berbagi dengan pengunjung lain.

5. Taat terhadap aturan yang ada.

Tak lupa juga Mustika Holiday ingin mengingatkan anda semua bahwa setiap tempat wisata punya aturan – aturan tertentu. Aturan tersebut dibuat agar semua wisatawan berkegiatan disana dengan tertip. Dengan mengikuti aturan yang berlaku ketika kita berada di dalamnya maka kita bisa menikmati liburan kita tanpa ada kendala apa pun. Pasalnya jika ada aturan yang kita langgar otomatis kita akan terkena sanksi. Sanksi itu pasti akan mengganggu kesempurnaan liburan kita.

Itulah sejumlah poin terkait etika dalam berwisata yang dapat kami sampaikan disini. Walaupun singkat kami berharap dapat bermanfaat bagi anda.

Ngomong – ngomong kapan anda akan pergi berwisata dan mempraktekan etika tersebut? Kapan pun itu pastikan anda hanya mengandalkan jasa sewa bus pariwisata dari Mustika Holiday karena kami siap melayani anda setiap waktu.

 

 

ARTIKEL TERBARU

Sewa Bus Mudik Tangerang - Saturday, 16 Feb 2019 01:37:30
Libur Lebaran 2019 sudah menanti kita. Momen mudik untuk berkumpul dengan keluarga besar tercinta pun akan bisa kita nikmati kembali. Walau masih beberapa bulan lagi namun ada baiknya kita mulai ...
Sewa Bus Mudik Bekasi 2019 - Tuesday, 12 Feb 2019 07:26:24
Setelah kami membahas Sewa Bus Depok, kini saatnya menuju ke daerah terkenal lainnya yaitu Kota Bekasi. Ya, kali ini Mustikaholiday.id akan menyajikan informasi tentang Sewa Bus Mudik Bekasi 2019...
Sewa Bus Mudik Depok - Saturday, 09 Feb 2019 01:44:19
Tak terasa bulan pertama di tahun 2019 sudah terlewati. Mungkin karena rutinitas kita yang begitu padat sehingga membuat hari demi hari kita lalui begitu saja. Hal ini juga berarti momen paling di...
Sewa Bus Mudik 2019 - Wednesday, 06 Feb 2019 09:19:09
Ingin sewa bus mudik 2019? Tenang, disini Mustika Holiday telah menyediakan armada berkelas dengan harga sewa murah untuk anda yang ingin pulang ke kampung halaman.Alternatif transportasi yang kami...
Alasan Memilih Sewa Bus Pariwisata Murah Di Jakarta - Monday, 28 Jan 2019 06:26:29
Jakarta terkenal sebagai kota paling sibuk di Indonesia kapan pun itu. Meski demikian keinginan masyarakat kota tersebut untuk berwisata juga tak kenal waktu. Mengingat kegiatan travelling bersam...