Menyiasati Perjalanan Pariwisata di Hari Libur Kejepit ala Mustika Holiday

Menyiasati Perjalanan Pariwisata di Hari Libur Kejepit ala Mustika Holiday

Saturday, 22 Dec 2018 06:20:38

Bekerja maupun menjalani rutinitas keseharian lainnya seperti menempuh pendidikan dan menjalankan bisnis membuat kita selalu rindu akan kehadiran tanggal merah. Tanggal merah di hari kerja ialah waktu yang amat kita nantikan. Berbeda dengan kerinduan akan hari Minggu yang biasanya lebih cenderung kita pakai untuk beristirahat.

Apalagi jika itu tergolong liburan panjang.

Saat tiba momen tersebut kita bisa lumayanmenjauh dari rasa penat yang telah memadat. Punya waktu yang cukup, kita bisa menghabiskan liburan secara maksimal dengan menginap di suatu destinasi pariwisata bersama – sama orang terdekat.


Liburan di Hari Kejepit Beda Kondisinya

Tapi, itu ‘kan kalau tanggal merahnya banyak. Apa jadinya kalo tanggal merah hanya sebatas libur kejepit?

Hari ini kita bekerja, keesokan harinya libur, namun esoknya lagi harus kembali bekerja. Bila waktu libur tersebut dipakai untuk berwisata bisa – bisa kelelahan. Sudah begitu kamu tentu memperhitungkan jika demikian jadinya, liburan bakal kurang sempurna.

Memang adalah keputusan bijak jika kamu memanfaatkannya untuk beristirahat di rumah. Akan tetapi, apa tidak sayang? Belum lagi biasanya tanggal merah di hari kerja merupakan momen spesial. Contohnya peringatan Hari Buruh, Tahun Baru Imlek, dan sebagainya.

Wah… Kalau kamu mengisi hari libur tersebut dengan mendatangi objek wisata yang penuh keseruan pasti momen ini jadi kenangan paling memorable sebab bertepatan dengan sebuah hari peringatan.

Tapi kembali lagi, semua terserah pilihan masing – masing.

Tak mengapa untuk berdiam diri di rumah.

Dan jika kamu lebih suka memanfaatkan hari libur kejepit untuk berpergian ke destinasi wisata juga sah – sah saja.

Namun dengan adanya keresahan – keresahan di atas terkait berwisata di hari libur kejepit tentu ada beberapa hal khusus yang perlu kamu lakukan. Berikut ini tim Mustika Holiday telah menyusun tips atau cara siasati perjalanan wisata di kala Harpitnas spesial untuk kamu.


Tips Menyiasati Perjalanan Pariwisata di Hari Libur Kejepit

Lansung saja, silahkan disimak sampai rampung tips menyiasati waktu liburan yang terbatas saat Harpitnas di bawah ini.

1. Tanggal merah di depan mata, mulailah bersiap diri.

tanggal-merah

Kamu tentu sudah bisa mengetahui kapan saja ada tanggal merah dengan menengoknya di kalender. Nah, kalau kamu menemukan Harpitnas sudah di depan mata, maka persiapkan dirimu. Hal ini diantaranya meliputi:

  • Jaga kesehatan.

Agenda wisata yang mengajak kita untuk bepergian ke suatu tempat hanya bisa kita nikmati jika kita secara fisik dan mental sehat – sehat saja.

Oleh sebab itu pastikan sebelum tiba hari berlibur kamu telah menjaga kesehatanmu dengan baik. Mulailah mengatur pola aktivitas sehari – hari agar tidak membuatmu terlampau lelah.

Pastikan tubuh mendapatkan jatah istirahat dan makan secara teratur. Itulah cara paling mudah untuk menjaga kesehatan. Di samping itu ketika kamu merasakan gejala – gejala penyakit segeralah berkonsultasi ke dokter.

  • Tuntaskan “PR” sebelum berlibur.

Apapun kesibutkanmu saat ini, entah itu bekerja di kantor ataupun berbisnis terkadang ada tugas yang kamu bawa ke rumah karena belum terselesaikan di tempat kerja.

Agar waktu liburan yang terbatas tadi bisa dinikmati seutuhnya selesaikanlah tugas tersebut maksimal satu hari sebelumnya. Jadi kamu tidak akan merasa dihantui. Alhasil kecerian dalam berwisata bisa kamu rasakan.

2. Utamakan memilih destinasi wisata terdekat.

Setelah kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin dari segi kesehatan dan tanggung jawabmaka silahkan mulai menentukan kemana kamu akan pergi. Disini, menyesuaikannya dengan seleramu tetap menjadi cara terbaik.

Hanya saja harus kamu ingat lagi, liburan kali ini punya waktu yang minim yakni hanya sehari saja. Keesokan harinya kamu harus kembali berkecimpung dengan kesibukanmu.

holiday

Jadi seyogyanya pilihlah tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari rumah. Tapi bukan berarti di seberang jalan rumahmu juga.

Cara menentukannya adalah ….

Cobalah buat daftar objek rekreasi yang ada di dalam kota. Lalu tandai mana yang sudah pernah kamu kunjungi.

Kalau sudah kamu lakukan, perhatikan mana yang masih membuatmu penasaran terlepas dari apakah sebelumnya kamu pernah kesana atau tidak.

Kami sarankan untuk memilih satu tempat saja. Alasannya supaya kamu bisa hemat energi dan tidak buang – buang waktu di perjalanan.

3. Susun agenda kegiatan sederhana namun mengasikan.

Agenda wisata khususnya yang dilaksanakan beramai – ramai sangat membutuhkan rencana kegiatan. Maksudnya yaitu aktivitas apa saja yang akan dilakukan saat berada di tempat rekreasi.

agenda-kegiatan

Masih soal menghemat tenaga karena yang kita bicarakan adalah hari libur kejepit maka usahakan agenda kegiatannya tidak terlalu berlebihan. Pada agenda tersebut cukup masukan daftar kegiatan yang sifatnya untuk bersenang – senang.

Jadi pada hari itu kamu bisa terbawa suasana gembira dan bisa melupakan semua masalah nan menghimpit benakmu.

Bila kamu berwisata bersama rekan kerja tidak perlu menyelingi kegiatan tersebut dengan aktivitas yang sifatnya formal seperti meeting dan lain – lain.

Misalkan kamu dan rombongan berkunjung ke Dunia Fantasi di Taman Impian Jaya Ancol. Fokuskan segala kegiatan hanya untuk menikmati semua wahana yang ada.

Tidak lupa juga kami menganjurkan kamu untuk mengatur waktu sebaik mungkin. Perhitungkan berapa lama perjalanan pulang pergi akan ditempuh beserta dengan durasi untuk bersenang – senang di tempat wisata.

4. Manfaatkan waktu di dalam kendaraan untuk mengistirahatkan tubuh.

Tips selanjutnya ialah manfaatkan waktu di dalam kendaraan selama perjalanan berangkat dan pulang untuk mengistirahatkan tubuh.

Di hari sebelumnya kamu masih berkutat dengan rutinitas keseharian. Tubuhmu pasti masih terasa lelah. Selama di perjalanan tidak ada salahnya jika kamu memilih untuk tidur.

Tidur merupakan cara terbaik untuk beristirahat. Bahkan meskipun itu hanya beberapa menit.

isthirahat-saat-perjalanan

Di sisi lain bila kamu termasuk orang yang kerap kali mengalami mabuk perjalanan, tidur dapat menghindarkan kamu dari kendala tersebut.

Ngomong – ngomong soal mabuk perjalanan silahkan baca juga artikel bertajuk,”2 Cara Ampuh Mencegah Mabuk Perjalanan” yang kami bagikan sebelumnya.

Bila kamu khawatir soal kenyamanan dan tidak bisa beristirahat di dalam kendaraan maka pastikan kamu beserta seluruh rombongan wisatamu hanya mengandalkan jasa sewa bus pariwisata Jakarta dari layanan kami.

5. Jaga asupan nutrisi saat beriwisata dengan membawa bekal sendiri.

Kembalikan energi tubuhmu yang terkuras selama seru – seruan di tempat wisata dengan mengkonsumsi makanan dan minuman kaya nutrisi. Sebaiknya bawalah bekal dari rumah. Sebab dengan begitu kamu bisa menjamin makanan dan minuman tersebut punya kandungan nutrisi yang sempurna.

Jangan sampai kamu salah makan karena membelinya di sembarang tempat. Bisa – bisa sistem pencernaan terganggu dan akhirnya kamu pun terserang penyakit.

bekal-wisata

Akan merepotkan sekali nanti karena imbasnya kamu tidak bisa kembali bekerja keesokan harinya. Bakal ada potongan gaji dari bonus kehadiran. Sayang, ‘kan?

Jadi tak usah malu – malu untuk membawa bekal sendiri, walaupun ada peserta lain yang mengejekmu dengan sebutan ‘rempong’ sekali pun.

Lagipula itu untuk kebaikan diri sendiri, biarlah orang mau berkata apa.

6. Setelah pulang ke rumah, jangan keluyuran lagi, langsung istirahat saja.

Tips terakhir adalah sesampaikanya kamu di rumah setelah agenda wisata libur Harpitnas berakhir pastikan kamu langsung beristirahat. Tidak perlu lagi keluyuran kemana – mana. Toh kamu baru saja bepergian.

Rebahkan tubuhmu di atas kasur, mulailah pejamkan mata dan biarkan rasa kantuk mengantarkanmu masuk ke dalam mimpi indah.

isthirahat-di-rumah

Sebelum itu mandilah dulu. Bersihkan seluruh anggota tubuh.

Kesejukan air yang membasahi tubuh bisa meredam rasa kaku setelah seharian berkeliling tempat wisata. Selesai mandi kenakakanlah pakaian yang nyaman.

Intinya gunakan waktu yang tersisa di hari libur kejepit tersebut untuk beristirahat. Hindari aktivitas lain yang membuatmu lebih kelelahan lagi.

Ingat, esok ada tanggung jawab pekerjaan menanti…

OK, cukup sekian artikel yang bisa kami bagikan kali ini.

Ternyata kamu bisa memanfaatkan hari libur kejepit untuk berwisata. Dengan tips menyiasati waktu liburan yang terbatas ala Mustika Holiday kenikmatan agenda wisata kamu akan benar – benar maksimal.

 

 

ARTIKEL TERBARU

Persiapan Liburan Akhir Semester, Yuk Pilih Moda Transportasi dari Sekarang! - Thursday, 18 Apr 2019 07:45:10
Memasuki pertengahan tahun, itu artinya bahwa liburan akhir semester segera datang. Banyak masyarakat, baik dari kalangan pelajar maupun pekerja kantoran yang memilih untuk menghabiskan liburan akh...
Liburan Makin Seru dengan Sewa Bus Pariwisata Jakarta Malang Berfasilitas Lengkap - Tuesday, 26 Mar 2019 01:28:37
Mau liburan ke Malang tapi bingung soal kendaraan? Tentunya kendaraan merupakan moda yang tidak boleh luput jadi perhatian ketika Anda pergi berlibur. Pasalnya, perjalanan yang nyaman tentu bisa ja...
Fasilitas Unggulan Bus Pariwisata Premium Yang Buat Liburan Makin Asik - Wednesday, 13 Mar 2019 03:38:24
Bus pariwisata memiliki banyak peminat. Apalagi untuk orang-orang yang sering mengunjungi berbagai destinasi wisata di nusantara dengan rombongan. Rasanya berwisata beramai-ramai lebih menyenangk...
Pertimbangkan Medium Bus Pariwisata Untuk Perjalanan Anda - Wednesday, 06 Mar 2019 06:56:05
Medium bus pariwisata adalah bus yang sering digunakan untuk perjalanan rombongan liburan keluarga atau acara dinas kantor dengan kapasitas minimalis. Tidak banyak hal yang berbeda dengan bus besar...
Berwisata Dengan si Kabin Tinggi Bus Pariwisata SHD - Wednesday, 27 Feb 2019 06:35:49
Anda tentu masih ingat dengan fenomena “Om Telolet Om” yang pernah viral di masyarakat Indonesia. Fenomena ini adalah kreasi dari suara klakson yang dibuat oleh bus-bus khususnya di jalanan Pan...